5 Faktor Penyebab Belum Berhasilnya Menggapai Impian

Faktor Penyebab Belum Berhasil Menggapai Impian.

Cing Ato

#SelfMotivated

Setiap kita punya mimpi, tentunya mimpi yang dapat membahagiakan. Ukuran kebahagiaan setiap orang berbeda -beda sesuai dengan takarannya masing-masing. Permasalahannya tidak setiap impian tercapai. Ada yang sukses mengejar impiannya dan ada yang gagal mengejar impiannya. Timbul sebuah pertanyaan, kenapa bisa gagal? Dalam hal ini penulis mencoba menjawab berdasarkan apa yang penulis baca pada buku Quantum life Transformation karya Dr. Adi W. Gunawan,CCH. Buku ini penulis beli pada bulan Januari 2018, 6 bulan sebelum penulis terserang penyakit GBS. Setidaknya beliau menjelaskan ada 5 penyebab orang gagal mencapai impiannya,yaitu:

1. Tidak membuat daftar impian yang ingin dicapai.  Orang yang hidupnya mengikuti alur apa adanya, kehidupannya pun apa adanya. Tidak ada perubahan dari hari ke hari. Sementara mereka yang hidupnya mempunyai segudang impian sudah dipastikan akan mengalami perubahan dalam hidupnya. Dalam hidup ini dibutuhkan sebuah keinginan atau mimpi, kalau perlu mimpi -mimpi itu dicatat atau didaftar. Penulis waktu duduk di bangku MTs/SMP pernah menulis beberapa mimpi. Alhamdulillah, mimpi itu terwujud. Ada memang yang belum terwujud, karena memang tidak membuat strategi yang jelas untuk mencapainya.

2. Menetapkan target atau impian yang sebenarnya tidak mereka inginkan. Banyak dari kita menetapkan target bukan berdasarkan hati atau kesadaran tetapi berdasarkan emosi. Misal, ketika kita mengikuti pelatihan, kita melihat orang lain telah mencapai akan sesuatu. Lalu kita ingin mendapatkan hal yang sama.  Akibatnya menetapkan impian tanpa tahu mengapa menginginkannya.

3. Tidak tahu mana yang harus dicapai terlebih dahulu. Ketidakmampuan untuk membuat skala prioritas terkadang gagalnya sebuah impian. Tidak bisa membedakan mana yang terlebih dahulu dikerjakan, mana yang lebih penting dan mana yang genting. 

4. Tidak punya strategi yang jelas untuk mencapainya. Strategi merupakan sebuah langkah untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, ketika salah langkah atau apalagi tidak mempunyai strategi, sudah dipastikan impian tidak sampai pada ujungnya. Mimpi besar dan bahkan pekerja keras, tapi ketercapaiannya minim.

5. Punya mental block. Sering kita melihat orang lain, mungkin diri kita sendiri, mempunyai segudang impian hanya sebatas ilusi tanpa aksi, yang pada akhirnya impian itu terpenjara oleh keranda mental block. Pernahkah kita membuat sebuah perencanaan yang sudah final, namun dipertengahan jalan mandek karena faktor X. Apa itu faktor X -nya? Tidak konsisten, malas, selalu menunda, selalu lupa dengan apa yang seharusnya dikerjakan, dan masih banyak mental-mental block lainnya.

Demikian, beberapa sebab faktor yang menyebabkan gagalnya dalam mencapai impian atau kesuksesan.

Apakah salah satu faktor di atas ada pada diri Anda? Jika ada, silakan Anda sendiri yang bisa mencari penyelesaiannya.



Cilincing, 29 November 2023


Sumber:

DR. Adi W. Gunawan (2017)CCH. Quantum life Transformation. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Cet. Ke-4


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Guru Adalah Takdirku

Dibutuhkan Sebuah Kepedulian Terhadap anak-anak, ketika berlangsungnya salat berjama'ah.

Terjungkal Kursi Rodaku, Ketika Hendak Ke Musala.